Strategi Utama Anies Baswedan Jaga Pangan Indonesia

Anies Baswedan

DasFacto – Strategi dalam rangka menyediakan pangan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan salah satu strategi yang sangat diperlukan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Dimana menurut Calon Presiden dari Koalisi Indonesia untuk perubahan, Anies Baswedan menjelaskan bahwa Strategi dalam menyediakan pangan agar terjangkau tanpa adanya campur tangan dalam penetapan harga pasar yakni melalui transparansi harga.

Anies menyampaikan bahwa peningkatan transparansi dalam harga-harga pangan agar masyarakat dapat mengetahuinya.

Baca Juga: Ini Kata Sri Mulyani Usai Diminta Jokowi Bayar Utang ke Bulog Rp16 T

“Kami melihat efisiensi dan transparansi kegiatan pasar jadi penting,” katanya dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

Anies memberikan contoh aplikasi Indeks Pangan Jakarta (IPJ) yang memungkinkan transparansi harga pangan di pasar-pasar Jakarta.

Menurutnya, menjaga biaya hidup agar terjangkau berarti memastikan pasokan pangan dengan harga yang ekonomis. Ini melibatkan efisiensi dan transparansi dalam aktivitas pasar.

Baca Juga: Alami Kekalahan Dua Kali Lawan Jokowi, Prabowo: Ya, Harus ada Perubahan!

Namun, Anies juga mengakui bahwa masyarakat sering berbelanja di warung terdekat. Dia menyoroti perbedaan harga pangan di pasar dan warung yang menjadi masalah.

Untuk itu, ia mencari cara untuk meningkatkan efisiensi pasar pangan tanpa campur tangan langsung dalam penetapan harga.

Melalui transparansi pasar, Anies berharap selisih harga di berbagai tempat dapat dikelola.

“Kita mau belanja ke warung, warung belanja ke pasar. Kami lakukan efisiensi pasar pangan, tidak intervensi harga, tapi transparansi pasar,” tegas Anies.

Baca Juga: Jokowi ke Golkar: Baru-baru Ini Terlalu Banyak Drama dan Sinetron

Anies memandang bahwa upaya untuk menyediakan pangan murah adalah salah satu cara untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia. Dimana saat ini masih berkisar antara 9 hingga 10 persen.

Jika terpilih sebagai presiden. Targetnya adalah mengurangi tingkat kemiskinan menjadi sekitar 4 hingga 5 persen pada tahun 2029 dan menghilangkan kemiskinan ekstrem sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *