Prabowo: Ekonomi Harus di Tangan Sendiri

Prabowo Subianto

DasFacto – Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan menyebut keinginan berdaulat harus berbanding lurus dengan upaya mencapai kemandirian ekonomi.

Dimana menurut Prabowo, hilirisasi menjadi langkah penting untuk mencapai hal tersebut.

“Kalau kita benar-benar mau berdaulat, mau merdeka, ekonomi kita harus benar-benar di tangan kita sendiri,” ucapnya dalam ‘Simposium Geopolitik & Geostrategis Global serta Pengaruhnya terhadap Indonesia’ di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Baca Juga: Reza Arap Hingga Arief Muhammad Resmi Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Ia melanjutkan, hilirisasi melalui pengolahan bahan baku komoditas menjadi barang siap pakai, akan meningkatkan nilai tambah negara. Dirinya menegaskan, ekonomi Indonesia akan ‘lompat’ bila hilirisasi terus dilakukan.

“Komoditas kita lakukan hilirisasi, (ekonomi) kita akan lompat,” ujar dia.

Baca Juga: Prabowo dan Unhan Terima 22 Penerima Beasiswa dari Palestina

Dalam forum yang dihadiri 1000 unsur pimpinan TNI tersebut, diirnya juga memaparkan informasi mutakhir terkait geopolitik dan geostrategis dunia yang berkembang sangat cepat. Dalam konteks itu, ia mengatakan Indonesia hanya memiliki dua pilihan.

“Dari segi geopolitik, pilihannya dua. Kita membangun kekuatan, menjaga kekayaan kita, memakmurkan rakyat kita atau kita terima nasib, menyerah dan jadi medan pertempuran,” jelasnya.

Baca Juga: Strategi Utama Anies Baswedan Jaga Pangan Indonesia

Selain dari Prabowo, gambaran situasi global dan nasional juga dipaparkan oleh sejumlah pihak seperti Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan; Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman; Menteri KKP Sakti Wahyu Treggono; Chief Executive Officer E-System Solutions FZ-LLC Habib Boukharouba; Dirut PT LEN Bobby Rasyidin; dan Dirut PT PAL Kaharuddin Djenod.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *