Iran dan Afghanistan Cegat Drone Mata-mata dan Agen Mossad

Perang

DasFacto – Iran mengklaim telah berhasil mencegah serangan drone Israel di wilayah timur dan menangkap tiga agen intelijen dari Mossad, badan intelijen Israel.

Kementerian Intelijen Iran berkolaborasi dengan pemerintah interim Afghanistan, yaitu Taliban, selama penangkapan mata-mata Israel tersebut.

“[Kami] telah menghalangi serangan drone yang dilakukan oleh Mossad, badan intelijen Israel, di wilayah timur Iran.”

“Tiga agen Mossad Israel yang memiliki kewarganegaraan Iran telah ditangkap. Penangkapan di daerah perbukitan antara Iran dan Afghanistan dalam sebuah operasi bersama.”

Ketiga anggota intelijen Israel tersebut diduga merencanakan peluncuran drone bunuh diri di perbatasan Afghanistan yang akan ditujukan ke Iran. Mereka kemudian ditangkap oleh Taliban dan diserahkan kepada pihak berwenang Iran.

Baca Juga: Israel Tuduh RS Indonesia Sarang Hamas, Apa Alasannya?

Hingga saat ini, Israel belum memberikan tanggapan atau komentar terkait insiden dan penangkapan ini.

Iran telah menyatakan niatnya untuk mengambil tindakan tegas terhadap mata-mata Israel yang beroperasi atau mengincar negara tersebut. Kedua negara ini telah lama berseteru dan tidak memiliki hubungan diplomatik.

Pada Desember 2022, Iran juga dilaporkan telah menjatuhi hukuman mati terhadap empat orang yang dituduh berkolaborasi sebagai mata-mata untuk badan intelijen Israel.

Mereka dituduh melakukan berbagai tindakan, termasuk pencurian dan pengrusakan properti pribadi dan umum di Iran, serta penculikan individu yang memeriksa mereka.

Para mata-mata tersebut juga diketahui menerima pembayaran dari Israel menggunakan mata uang kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *