PLAYMAT Bayi UNTUK STIMULASI

Playmate bayi

DasFacto – Apa saja pertimbangan Moms sebelum membeli playmat untuk bayi?

Saat Si Kecil sudah mulai berguling dan bermain, playmat bayi adalah salah satu solusi agar ia bisa berguling dan bermain dengan aman.

Setelah sering melalui masa digendong, bayi juga harus dibiasakan untuk bergerak sendiri di kasur atau alas yang empuk.

Sebab, selama tahun pertama kehidupannya, bayi akan mengembangkan banyak keterampilan baru.

Playmat bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bayi.

Melalui alas yang lembut dan nyaman itu, Moms bisa memiliki cara lain unttuk bermain dengan bayi yang mudah, menyenangkan, namun tetap menstimulasi perkembangannya.

Salah satunya adalah dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman saat akan mengenalkan tummy time kepada bayi.

Membiarkan bayi tengkurap selama beberapa menit atau tummy time, akan membantu melatih semua otot tubuh bagian atas, meningkatkan stabilitas tubuh dan kendali kepala.

“Ini akan membantu bayi membangun kekuatan punggung, kaki, lengan, dan lehernya. Ini membantu perkembangan lebih lanjut, seperti berguling dan duduk,” kata Joanne Cox, M.D., seorang dokter anak di Children’s Hospital Boston.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Pediatrics pada Mei 2020, tummy time juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan indeks massa tubuh.

Sebaliknya, kurangnya tummy time dapat menunda bayi untuk mencapai perkembangan fisik .

Manfaat Menggunakan Playmat Bayi

Saat tumbuh, playmat bayi dapat menjadi tempat untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi, serta dapat memberikan stimulasi dan cara yang menyenangkan untuk mulai menggunakan kemampuannya.

Berikut ini manfaat menggunakan playmat bayi:

1. Meningkatkan Koordinasi Tangan, Mata, dan Keterampilan Motorik

Playmat bayi menjadi alas bermain yang tidak hanya berfungsi sebagai alas, tapi juga banyak yang disertai dengan berbagai objek mainan dan desain yang menarik untuk bayi.Ada model yang memiliki mainan gantung kecil yang bisa digenggam oleh bayi, dan ini akan membuat tummy time lebih menyenangkan.Playmat model ini baik digunakan saat bayi mulai belajar menggapai, menggenggam, berbalik, dan menendang, koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik bayi akan berkembang.

2. Merangsang Indra Bayi

Biasanya, playmat akan memiliki warna-warna kontras untuk menarik perhatian bayi. Ini akan merangsang perkembangan indra penglihatan bayi.Si Kecil juga akan mengasah keterampilan pendengarannya saat mendengarkan suara yang dibuat saat mengoceh, meremas, menarik, atau menendang berbagai mainan, kain, dan alat tambahan di dalam playmat.Ini akan memberikan stimulasi sensorik dengan berbagai macam tekstur yang terasa unik dan menarik bagi tangan Si Kecil.

3. Meningkatkan Perkembangan Kognitif

Bermain dengan pola, warna, bentuk, suara, dan imajinasi saat bermain di atas playmat dapat memicu perkembangan bahasa dan komunikasi, yang juga dapat bermanfaat bagi perkembangan otak.

4. Mendorong Kebebasan dan Gerakan

Selama perkembangan di tahun pertamanya, bayi akan menjadi lebih aktif. Apalagi saat merasa sudah bisa mengembangkan gerakan dan keinginan sendiri.Playmat bayi akan menjadi tempat yang aman untuk membiarkan Si Kecil menendang, berlari, dan berguling-guling. Ini mendorong aktivitas yang setara dengan olahraga untuk bayi.

5. Tempat Beraktivitas Saat Dalam Perjalanan

Salah satu hal hebat tentang playmat bayi adalah kenyamanannya.Alas mainan lembut dan perlengkapannya dapat dengan mudah dikemas dan dipasang kembali kapan pun dan di mana pun, bahkan saat sedang bepergian.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Playmat

Moms mungkin bertanya-tanya, apakah sudah waktunya membeli playmat untuk Si Kecil?

Karena sebagian besar baby gym memiliki alas bermain yang lembut, Moms dapat mulai membiarkan Si kecil merasa nyaman dengan alasnya begitu ia merasa tidak puas hanya dengan digendong dan dibedong.

Dikutip dari Kippins.co, ini biasanya terjadi dari enam minggu sampai dua bulan.

Kemudian, mereka mungkin siap untuk mulai menghabiskan beberapa menit waktu bermain setiap hari.

Pada awalnya, usahakan untuk waktu tummy time yang singkat, yang berlangsung hanya beberapa menit. Saat bayi tumbuh dan menjadi lebih nyaman, Moms dapat menambah waktu satu atau dua menit setiap sesi.

Akhirnya, Si Kecil akan menikmati bermain gym bayi mereka secara teratur sekitar lima belas menit, hingga beberapa kali per hari.

Cara Memilih Playmat Bayi yang Aman Digunakan

Saking banyaknya playmat bayi yang di jual di pasaran, kadang membuat Moms merasa kebingungan.

Takutnya, ketika ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil malah tidak sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, atau pun keinginan Si Kecil.

Sebelum merasa takut playmat bayi tidak tepat atau bahkan membahayakan untuk bayi, ada beberapa tips yang bisa digunakan sebelum memutuskan untuk membelinya.

1. Playmat Tidak Bergelombang

Perhatikan bagian permukaannya. Karena akan menjadi area beraktivitas untuk Si Kecil, sebaiknya Moms memilih playmat yang permukaannya rata.

Jika tidak, ada kemungkinan Si Kecil akan jatuh, terpeleset ataupun terluka.

2. Bahan Tidak Mudah Terkupas

Ini adalah hal yang penting. Sebab, basi masih dalam fase oral yang memungkinkannya memungut benda kecil dan memasukkannya ke dalam mulut.Jika playmat mudah terkelupas, ada kemungkinan bayi melakukannya tanpa Moms sadari.

3. Bahannya Tebal Tapi Lembut

Ini akan meningkatkan rasa aman padi bayi yang bergerak agar tidak cedera saat terbentur selagi bermain.Bahannya yang lembut juga akan membuat bayi nyaman dan betah saat bergerak di atasnya.

4. Mudah Dibersihkan

Bayi bisa seharian bermain di atas playmat, bahkan bisa makan dan minum di atasnya. Kotoran tentunya tidak bisa dihindarkan.Memilih playmat bayi yang mudah dibersihkan adalah hal yang penting, agar kondisinya terjaga dengan baik dan tidak membuat iritasi.

Agar mendapatkan playmat bayi terbaik sesuai keinginan, Moms bisa melihat terlebih dahulu deretan playmat ini ya.

Rekomendasi Playmat Bayi yang Aman dan Nyaman

Dengan beragamnya merek dan jenis playmat bayi, Moms bisa membeli playmat sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Yuk, simak rekomendasi playmat untuk Si Kecil berikut ini!

1. Baby Loop Playmat Unicorn

Rp400.000

Moms bisa menjadikan waktu bermain bersama Si Kecil menjadi lebih seru, karena Baby Loop Playmat Unicorn memiliki desain lucu dan menarik yang akan disukai oleh anak.Playmat bayi ini tebal dan berat sehingga aman digunakan Si Kecil saat bermain. Bagian bawah playmat terbuat dari bahan carbon mat agar tidak licin.Dengan diameter 100 cm dan ketebalan 3 cm, playmat ini terbuat dari katun dan carbon mat.Tak hanya itu, Baby Loop Playmat juga bisa sekaligus digunakan untuk membantu Si Kecil belajar, dan adem untuk dipakai bermain dalam waktu lama.

2. SUGARBABY FOLDABLE PLAYMAT MATRAS LIPAT – PINK

Rp182.500

Selanjutnya, ada playmat bayi dari Sugarbaby Foldable Baby Playmat.

Dirancang praktis dapat dilipat, playmat ini berukuran size XL besar, anti licin dan anti air, sehingga bisa digunakan untuk menemani tumbuh kembang Si Kecil yang aktif.

Playmat ini dapat digunakan untuk tummy time, merangkak, bermain, belajar berdiri, dan berjalan.

Sesuai dengan namanya, keunggulan dari playmat ini yaitu dapat dilipat, sehingga mudah disimpan dan dibawa pergi. Meskipun berukuran besar, tetapi tebal dan ringan, lho.

Bahan untuk membuat Sugarbaby Foldable Baby Playmat juga bebas BPA, serta memiliki Sertifikasi Standard Internasional EN 71.

Dengan kualitas jempolan, Moms bisa memilih playmat bayi ini untuk Si Kecil.

3. SBS – Funmat Asia Toys

Rp79.000

Untuk Moms yang sedang mencari playmat bayi murah, bisa membeli SBS – Funmat Asia Toys.

Hanya dengan Rp79.000, playmat bayi ini memiliki warna yang cerah sehingga dapat memanjakan mata bayi.

Playmat ini juga bisa digunakan sebagai alas belajar Si Kecil, lho. Selain itu, terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan jika kotor.

4. Bebemoise Artmat Sensory Play Mat size 120cm

6%Rp300.000

Rp280.000

Rekomendasi playmat bayi selanjutnya adalah Bebemoise Artmat Sensory Play Mat.

Bebemoise artmat merupakan alas yang multifungsi, dan dapat digunakan untuk banyak kebutuhan Moms juga Si Kecil.

Mulai dari alas MPASI, alas bermain sensorik, kolam bermain air, juga bisa sebagai edukasi disiplin kepada Si Kecil bahwa area luasan artmat adalah area bermainnya.

Dibuat dari bahan yang tahan air (waterproof), sangat mudah dibersihkan dan menggunakan bahan food grade sehingga aman untuk anak anak.

Setelah bermain, Moms bisa langsung lap dengan lap basah dan lap kering, dilipat dan disimpan didalam kantong tas yang sudah disiapkan.

5. Sugar Baby Day & Nite Piano Playmat – Sugar Galaxy

10%Rp225.000

Rp200.500

Jika Moms ingin mencari playmat bayi yang juga dilengkapi mainan, maka produk Sugar Baby Day & Nite Piano Playmat bisa menjadi rekomendasi.

Sugar Baby Day & Nite Piano Playmat merupakan matras bayi yang dilengkapi dengan pencahayaan dan musik sehingga membuat Si Kecil merasa rileks.

Playmat ini dapat merangsang kemampuan motorik kasar dan halus si kecil.

Terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan aman, playmat ini dilengkapi dengan 50 jenis lagu, teether yang aman dan BPA-free, serta ada mainan gantung yang menarik dan lucu, menjadikan bayi lebih aktif.

Playmat ini bisa digunakan untuk bayi baru lahir, sampai berat badan anak mencapai maksimal 11 kg.

6. Pumpee Projector with Music Baby Playmat | PT-120MPA

25%Rp739.900

Rp554.925

Ini juga bisa menjadi rekomendasi playmat bayi yang patut Moms beli.

Playmat ini dilengkapi berbagai kebutuhan Si Kecil.

Uniknya, ada fitur projector lampu yang dapat menyorotkan bintang-bintang kecil di atas.

Tidak hanya itu, playmat dengan motif lucu ini memiliki 4 lagu lullaby, 8 lagu anak-anak, dan 8 story-telling, sehingga bisa dijadikan alas untuk bermain, bahkan ketika Si Kecil ingin tidur agar tenang.

Dengan warna yang colorful, bisa merangsang indera penglihatan anak dan membantu motoriknya.

7. MUGU Folding Baby Playmat – Grey Blue

Terakhir, ada rekomendasi dari MUGU Folding Baby Playmat.

Seperti namanya, playmat ini dapat dilipat sehingga menghemat ruang saat penyimpanan, dan mudah dibawa ke mana saja.

Dengan ketebalan 1 cm, alas ini memiliki bahan material bantalan yang lembut dan nyaman, juga waterproof.

Sehingga, waktu bermain jadi lebih menyenangkan.

Punya desain permukaan anti-slip dan bertekstur, terbuat dari bahan yang aman, tidak beracun dan tidak berbau, serta bebas BPA, phthalates, dan timbal.

Desain waterproof, mudah dibersihkan jika si kecil menumpahkan makanan dan minuman saat bermain

Itu dia mom rekomendasi playmat bayi sekaligus multifungsi untuk stimulasi. Artikel ini dikutip dari theasianparen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *