Suara PSI Terus Menanjak Pasca Kaesang Jadi Ketum

Partai PSI

DasFacto – Menurut hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Polling Institute, elektabilitas Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami penguatan.

Peningkatan elektabilitas partai ini terkait dengan penunjukan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo, sebagai Ketua Umum PSI.

Survei Polling Institute, yang berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 Oktober 2023, melibatkan 1.207 responden yang dihubungi melalui telepon. Dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Kennedy Muslim, seorang peneliti dari Polling Institute, menyatakan bahwa elektabilitas partai mawar ini menunjukan peningkatan tren setelah Kaesang menjabat menjadi ketua.

“Elektabilitas PSI menunjukkan tren kenaikan setelah Kaesang menjabat sebagai Ketua Umum. Meskipun masih dalam kisaran yang terbatas,” ujarnya saat mengungkapkan hasil survei pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Baca Juga: Survei Alvara: Duet Ganjar-Mahfud MD Lebih Unggul

Pada awal bulan Oktober 2023, elektabilitas PSI berada di angka 1,1 persen. Namun menjelang akhir bulan, angka tersebut naik menjadi 1,6 persen.

Perlu diperhatikan bahwa peningkatan elektabilitas PSI terjadi seiring dengan penurunan elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP). Meskipun demikian, PDIP tetap menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi.

“Saingan terdekat adalah Gerindra (15,8 persen), Golkar (8,1 persen), PKS (6,6 persen), PKB (5,1 persen), Nasdem (4,3 persen), Demokrat (4,3 persen), PAN (4 persen),” jelas Kennedy.

Menurut penelitian ini, dalam dua bulan terakhir, terlihat tren penurunan dukungan terhadap PDIP, sementara partai lainnya cenderung stagnan dan mengalami perubahan yang terbatas.

“PSI menunjukkan peningkatan elektabilitas sejak Kaesang menjabat sebagai Ketua Umum, meskipun dengan peningkatan yang terbatas,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *