Soal Presiden Tiga Periode, Istana: Sudah Basi

Istana bantah tiga periode

DasFacto – Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, menyatakan bahwa isu perpanjangan masa jabatan tiga periode sudah usang. Dia juga mencatat perbedaan pendapat di kalangan elite terkait isu tersebut.

Faldo menganggap aneh bahwa isu semacam ini kembali dibahas, padahal sudah tidak relevan lagi.

Menurutnya, ada dua kelompok yang berbeda pendapat mengenai Presiden Jokowi, satu kelompok merasa perlu mengkritik, sementara yang lain menghormati pilihan presiden.

“Aneh juga isu begini diungkit lagi, sudah basi,” kata Faldo dalam keterangannya, dilansir dari iNews, Minggu (29/10/2023).

Dia menekankan bahwa perpecahan antara dua kelompok ini semakin terbuka. Faldo juga berpendapat bahwa isu perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode mungkin hanya merupakan cerita fiksi semata.

Dia percaya bahwa Presiden Jokowi tidak terlalu mempermasalahkan isu politik, dan dia lebih suka merangkul lawan-lawannya.

Baca Juga: Andre Rosiade Jelaskan Mengapa Erick Tak Jadi Cawapres Prabowo

Selain itu, menurut Faldo Maldini, isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sebaiknya tidak dituduhkan kepada siapapun, termasuk Presiden Jokowi.

“Kami yakin dari dulu Pak Jokowi tidak baper soal politik, lawan tarungnya saja dirangkul. Apalagi, dituduhkan isu yang rasa-rasanya tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas Faldo.

Sebelumnya, muncul isu yang mengatakan bahwa PDIP diminta untuk mendukung presiden agar dapat menjabat tiga periode.

Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, mengonfirmasi bahwa Jokowi tidak pernah meminta perpanjangan masa jabatan hingga tiga periode.

Baca Juga: Puan: Jokowi Tidak Pernah Minta Perpanjang Periode

Pernyataan ini membantah asumsi bahwa majunya Gibran Rakabuming adalah balasan atas penolakan PDIP terhadap permintaan perpanjangan masa jabatan.

“Dalam pengetahuan saya, dia tidak pernah meminta perpanjangan hingga tiga periode,” ujarnya saat menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Koordinator Relawan PDIP, Adian Napitupulu, menyatakan bahwa Gibran maju sebagai kandidat karena permintaan Jokowi untuk masa jabatan tiga periode ditolak oleh PDIP.

Dia menegaskan bahwa tidak ada mekanisme yang memungkinkan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *