Pengamat Sebut Apabila Jokowi Terjun Langsung Kampanye, Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Pengamat

DasFacto – Pengamat sekaligus Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti berpendapat bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang untuk memenangkan pemilihan dalam satu putaran apabila Presiden Joko Widodo memberikan dukungannya dan turun berkampanye.

Dimana menurut Pengamat tersebut apabila Presiden Jokowi terjun langsung berkampanye untuk Gibran maka Prabowo-Gibran akan menang dalam satu putaran.

“Kalau dua putaran iya, akan kesana. Tapi bisa tidak kalau Pak Jokowi terjun langsung. Suara akan 50 persen lebih bisa jadi. Dia kampanye untuk Gibran,” ucapnya melalui Podcast What The Fact! Politics CNN Indonesia.

Baca Juga: Gibran Sebut Perihal KTA PDIP Sudah Selesai

Menurut Ray, pasangan Prabowo-Gibran saat ini mendapat dukungan dari tiga kekuatan besar termasuk dukungan dari Presiden Jokowi. Partai besar dan popularitas tinggi milik Prabowo itu sendiri.

Tak hanya itu dirinya juga melihat bahwa Prabowo mampu mengumpulkan dukungan di Jawa Tengah. Serta di daerah-daerah yang kuat bagi Anies Baswedan. Hal ini didasarkan pada hasil survei baru-baru ini.

“Prabowo naik karena mengambil dukungan dari Jawa Tengah, mungkin faktor Jokowi. Dukungan ini datang dari daerah-daerah yang Anies kuat. Seperti di Banten, Prabowo naik, di Sumatera, Aceh, dan Medan, semuanya naik. Ini merupakan basis suara Anies,” ucapnya.

Baca Juga: Soal Gibran yang Menduakan Partai, Pengamat: Tindak Tegas Biar Tak Ada Drama!

Namun, meskipun memiliki tiga kekuatan tersebut. Ray mencatat bahwa tingkat elektabilitas Prabowo masih belum mencapai 40 persen menurut berbagai hasil survei terbaru.

Pasangan Prabowo – Gibran Daftar ke KPU

Seperti yang diketahui, pasangan Prabowo-Gibran telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Mereka mendapat dukungan dari sembilan partai politik koalisi, yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PBB, PSI, Garuda, Gelora, dan Partai Prima.

Baca Juga: Prabowo Gibran Usung 8 Misi ‘Asta Cita’ di Pilpres 2024

Bahkan sebelumnya. Presiden Jokowi secara tegas menyatakan dukungannya untuk semua calon presiden yang akan berlaga dalam pemilu 2024 demi kepentingan bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *