Israel Persiapkan Serangan Balik ke Gaza

Benjamin Netanyahu

DasFacto – Israel kini tengah melakukan persiapan untuk melakukan invasi darat ke wilayah Gaza, seperti yang diumumkan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Namun, Perdana Menteri Israel tersebut tidak memberikan rincian spesifik tentang kapan operasi tersebut akan dilakukan atau informasi lain terkait operasi tersebut.

Baca Juga: Visi Misi Prabowo-Gibran: Buka KBRI di Palestina

Netanyahu menjelaskan bahwa keputusan mengenai kapan pasukan Israel akan masuk ke Gaza akan diambil oleh kabinet perang khusus pemerintah. Melibatkan pemimpin dari salah satu partai oposisi sentris.

Israel sebelumnya telah melakukan serangkaian serangan udara intensif di Jalur Gaza yang padat penduduk. Sebagai respons terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober. Serangan udara ini telah menyebabkan lebih dari 6.500 warga Palestina tewas.

Baca Juga: Google Matikan Fitur Live Traffic Maps di Wilayah Gaza

Netanyahu, yang sejauh ini tidak menerima tanggung jawab atas kegagalan keamanan yang memicu serangan Hamas. Menyatakan bahwa semua yang terlibat akan diminta pertanggungjawaban.

Namun, dirinya menekankan bahwa penyelidikan akan dilakukan setelah masa perang berakhir.

Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan, mengutip pejabat Amerika Serikat dan Israel. Bahwa negara tersebut telah menyetujui penundaan invasi darat ke Gaza untuk saat ini. Sehingga Amerika Serikat dapat segera mengirimkan rudal ke wilayah tersebut.

Baca Juga: Puan: Jokowi Tidak Pernah Minta Perpanjang Periode

Laporan tersebut juga mencatat bahwa AS menyarankan negara tersebut untuk menunda serangan darat dan terus berkoordinasi dengan Qatar. Dimana negara tersebut berperan sebagai perantara dengan militan Palestina. Dalam upaya membebaskan lebih banyak sandera dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan konflik regional yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *