Ganjar Siapkan Generasi Adaptif Lewat Pendidikan Berkualitas

Ganjar Pranowo

DasFacto – Ganjar Pranowo selaku Calon Presiden berkomitmen untuk mempersiapkan generasi yang memiliki kemampuan beradaptasi melalui pendidikan unggulan dengan tujuan menarik investasi ke Indonesia.

Dimana pernyataan ini disampaikan oleh Ganjar Pranowo di Kompleks Terminal Rajabasa, Jalan ZA Pagar Alam, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Ganjar menganggap bahwa pendidikan berkualitas adalah kunci penting untuk menciptakan peluang kerja yang luas.

Baca Juga: Puan: Jokowi Tidak Pernah Minta Perpanjang Periode

Dengan adanya banyak lapangan kerja yang tersedia, ia yakin bahwa investasi akan datang dari berbagai sektor.

Ganjar sebut Perlunya Pendidikan Berkualitas

Menurutnya, pendidikan berkualitas juga harus mempersiapkan anak-anak dengan keterampilan adaptif. Tujuannya adalah untuk menarik investasi dan memastikan ketersediaan lapangan kerja. Ganjar menekankan pentingnya mempermudah proses investasi daripada mempersulitnya.

“Dalam sistem pendidikan kita mesti kita siapkan anak-anak yang adaptif. Satu mengundang investasi agar lapangan kerja kita juga bisa lebih terpenuhi. Kalau mau investasi jangan dipersulit, harus dimudahkan,” katanya.

Lebih lanjut, Ganjar menekankan bahwa generasi yang dididik dengan baik akan dapat menyelaraskan keterampilan dan pengetahuannya dengan perubahan cepat dalam era disrupsi saat ini.

Baca Juga: TikTok Shop Berpeluang Lagi Buka di Indonesia, Asal…

Hal ini akan menghasilkan jenis pekerjaan baru yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia, meningkatkan jumlah sumber daya manusia yang kompetitif.

“Lapangan kerja itu hampir semua daerah ya (dibutuhkan), apalagi masuk era digital ini begitu masif, ada sektor lapangan kerja yang hilang tapi ada juga lapangan pekerjaan baru yang muncul,” tuturnya.

Ganjar juga siap memberikan akses dan fasilitas pelatihan untuk mendukung lahirnya wirausahawan baru di Indonesia. Ini bertujuan untuk menarik minat lebih banyak investor untuk berinvestasi di Indonesia.

“Membangun entrepreneur baru dengan pelatihan, akses permodalan, dan pendampingan. Itu yang mesti ada agar kemudian mereka perlu mendapatkan ruang untuk mereka berkreasi,” kata dia.

Baca Juga: Visi Misi Prabowo-Gibran: Buka KBRI di Palestina

Sebelumnya, Ganjar telah mengupayakan pendidikan berkualitas dengan mendirikan SMKN Jateng saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Sekolah kejuruan yang berbasis di asrama tersebut menyediakan pendidikan gratis bagi siswa yang kurang mampu. Ganjar bersedia untuk mengembangkan program serupa di tingkat nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *