Adian Napitupulu: Megawati Sudah Beri Semua Keinginan Jokowi

Adian Napitupulu

DasFacto – Politikus PDIP, Adian Napitupulu, mengungkap bahwa Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, telah mengabulkan tujuh permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pencalonan dirinya dan keluarganya dalam kontestasi politik elektoral.

Adian menyatakan bahwa Megawati telah memenuhi permintaan Jokowi yang total mencapai tujuh, termasuk dalam Pilkada Solo, Pilkada DKI Jakarta, Pilpres, serta dua rekomendasi untuk anak-anaknya.

“Dulu ada yang datang minta jadi wali kota dapat rekomendasi, minta rekomendasi, dikasih. Minta lagi dapat rekomendasi, dikasih lagi. Lalu minta jadi gubernur, minta rekomendasi dikasih lagi. Lalu minta jadi calon presiden, minta rekomendasi dikasih lagi. Kedua kali dikasih lagi,” ucap Adian dalam keterangannya, Rabu (25/10).

“Lalu ada lagi minta untuk anaknya dikasih lagi. Lalu ada diminta untuk menantu lalu dikasih lagi. Banyak benar,” imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Akan Ambil Sikap Setelah Gibran Resmi Daftar Cawapres

Adian menyatakan bahwa dari semua permintaan rekomendasi tersebut, Megawati hanya menolak keinginan mengenai perpanjangan masa jabatan presiden hingga tiga periode. Ini adalah alasan utama konflik saat ini antara Jokowi dan PDIP.

“Nah ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” ujarnya.

Adian Napitupulu mengakui bahwa beberapa pihak mungkin merasa marah dengan sikap partainya, tetapi PDIP tidak terlalu khawatir. Dia memastikan bahwa partainya tidak memiliki sikap antipati terhadap Jokowi.

Adian hanya menyayangkan perubahan cepat dalam sikap Jokowi setelah PDIP memberikan dukungan penuh.

“Kalau ada yang marah karena kita menolak penambahan masa jabatan tiga periode atau perpanjangan, bukan karena apa-apa, itu urusan masing-masing. Tetapi memang untuk menjaga konstitusi. Sederhana aja,” katanya.

Adian mengklaim bahwa dia tidak terlalu memikirkan kemunculan Gibran sebagai calon bersama Prabowo Subianto. PDIP saat ini akan berfokus untuk memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Status Gibran adalah anak Jokowi. Soal status mereka diserahkan ke DPP dan Ketua Umum PDI Perjuangan. Tugas saya adalah menggalang suara dan kekuatan untuk memenangkan Ganjar,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *