Momen Prabowo Meresmikan Gibran Sebagai Cawapresnya

Keputusan pemilihan Gibran sebagai Cawapres

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah secara resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden oleh Prabowo Subianto.

Pengumuman ini dilakukan di kediaman pribadi Prabowo di Jakarta Selatan pada Minggu (22/10) malam.

Prabowo mengonfirmasi bahwa keputusan pencalonan Gibran sebagai cawapres telah mencapai kesepakatan final oleh delapan partai pengusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) setelah serangkaian diskusi.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Sah Jadi Cawapres Prabowo Subianto

“Kita telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029. Dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM,” kata Prabowo.

Menurutnya, KIM sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden untuk periode 2024-2029 dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Prabowo juga mengumumkan bahwa baik dirinya akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari terakhir pendaftaran. Yaitu pada 25 Oktober mendatang.

“Pada tanggal 25 [Oktober], hari Rabu, kita akan daftar di KPU,” ujar Prabowo.

Prabowo sendiri telah mencalonkan diri sebagai calon presiden dalam dua pemilihan presiden sebelumnya, pada Pilpres 2014 dan 2019.

Baca Juga: Pengamat: Dukungan Tersirat Jokowi ke Prabowo Berdampak Besar

Nama Gibran menjadi populer dan diperbincangkan sebagai calon wakil presiden yang mungkin mendampingi Prabowo, terutama setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengubah syarat usia minimal calon presiden dan wakil presiden.

MK mengubahnya menjadi 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah di tingkat provinsi atau kabupaten/kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *