Gibran Rakabuming Sah Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Gibran Rakabuming

DasFacto – Gibran Rakabuming resmi menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) menemani Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Dimana pengumuman peresmian tersebut terjadi pasca Prabowo Subianto mengumumkan. Gibran Rakabuming akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) saat berada di kediamannya. Di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada hari Minggu, tanggal 22 Oktober 2023 lalu.

“Capres Prabowo Subianto mengusung Gibran Rakabuming Raka. Rabu kita akan mendaftar ke KPU,” tegas Prabowo.

Baca Juga: Meski Cawapres Prabowo Bukan Dari PAN, Zulhas: Kami Tetap Bersatu

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungan resmi terhadap putra sulungnya. Gibran Rakabuming Raka, yang diyakini akan menjadi calon wakil presiden yang diusung oleh Prabowo Subianto.

Dimana dukungan ini disampaikan oleh Jokowi langsung di depan Prabowo. Ketika ditanya apakah sebelumnya Gibran telah meminta izin atau berkonsultasi dengan Jokowi mengenai keputusan ini. Jokowi menyatakan bahwa ia telah memberikan restu atas pilihan putra sulungnya tersebut.

Jawaban Jokowi Saat Gibran Rakabuming Memutuskan Pindah Partai

Jokowi menekankan bahwa sebagai orang tua, tugasnya adalah mendoakan dan merestui keputusan anak-anaknya, karena mereka sudah dewasa. Ia juga mengakui bahwa ia tidak ingin mencampuri keputusan yang telah diambil oleh anak-anaknya.

Baca Juga: Politik Uang di Tengah Pilpres 2024, Bawaslu: Segera Laporkan

“Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan semuanya. Dirinya juga sudah dewasa,” kata Jokowi, kepada wartawan, di Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Saat ditanya tentang deklarasi Gibran oleh Rapimnas Golkar pada hari Sabtu sebelumnya. Jokowi menegaskan bahwa hal tersebut adalah urusan partai politik yang mendukung capres dan cawapres bukan urusan seorang presiden. Bahkan dirinya mengarahkan pertanyaan tersebut kepada partai politik yang merupakan wilayahnya.

“Tanyakan kepada parpol, itu wilayahnya parpol atau koalisi parpol atau gabungan parpol, bukan urusan presiden,” jelas Jokowi.

Baca Juga: Firli Bahuri Mangkir Jadi Saksi: Perlu Dalami Materi Pemeriksaan

Beberapa waktu lalu, nama Gibran menjadi topik perbincangan karena kabar bahwa ia akan menjadi cawapres untuk Prabowo.

Sebagai seorang kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Gibran dianggap melanggar aturan partai dan ada kabar bahwa ia mungkin akan diberhentikan atau mengundurkan diri dari statusnya sebagai kader partai tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *