Perjalanan Karir Mahfud MD dari Dosen Hingga Jadi Cawapres Ganjar

Mahfud MD

DasFacto – Mahfud MD, baru-baru ini nama Mahfud MD menjadi trending pasca partai PDI Perjuangan mengumumkan bahwa dirinya menemani Ganjar menjadi calon wakil presiden (cawapres) kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Dengan adanya kabar Mahfud MD bakal jadi cawapres, maka masyarakat ataupun pendukung Ganjar Pranowo langsung mencari tahu latar belakang hingga perjalanan karier Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) ini bisa dicalonkan.

Mahfud MD dengan nama lengkap Mohammad Mahfud lahir pada 13 Mei 1957, di sebuah desa di Kecamatan Omben, Sampang, Madura. Dia memiliki pengalaman yang panjang dalam dunia politik.

Baca Juga: Munculnya Proyeksi Putra Sulung Jokowi Jadi Cawapres, Pengamat: Hati-Hati dengan Ketenangan Megawati

Dikutip situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD adalah anak dari pasangan bernama Mahmodin dan Siti Khadijah, menjadi anak keempat dari tujuh bersaudara.

Mahfud MD menempuh pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtida’iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura.

Kemudian melanjutkan pendidikannya di SD Negeri Waru Pamekasan, Madura. Selanjutnya Mahfud MD lanjut ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di Pendidikan Guru Agama Negeri selama empat tahun.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Batas Usia Capres – Cawapres Minimal 35 Tahun

Perjalanan karier Mahfud MD di bidang hukum, dimulai saat dia bersekolah di Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN), yang sebanding dengan sekolah menengah atas (SMA) di Yogyakarta.

PHIN sendiri merupakan sekolah islam berbasis kejuruan terkait hukum dan tata negara, sehingga tak heran jika dunia kerja dari Mahfud berhubungan dengan politik.

Mahfud kemudian melanjutkan studi jenjang S1 di Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UIII) di Yogyakarta. Di UIII, Mahfud meraih gelar Guru Besar Fakultas Hukum sejak tahun 1984.

Perjalanan Karir Mahfud MD

Sukses dalam akademiknya telah membawa Mahfud ke posisi penting dalam pemerintahan dan politik Indonesia.

Baca Juga: Pertumbuhan UMKM, Syarat Indonesia Jadi Negara Maju

Mahfud pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dari tahun 2008 hingga 2013.

Sebelum menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi. Dirinya juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia dari tahun 2000 hingga 2001, dengan menunjukkan keterlibatannya dalam masalah keamanan negara.

Selain itu dia menjadi Menteri Kehakiman dan HAM (2001), Wakil Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (2002-2005).

Tak hanya dalam dunia politik, namun Mahfud juga menjadi Rektor Universitas Islam Kadiri (2003-2006).

Bahkan hingga saat ini, Mahfud juga masih aktif mengajar di UII, UGM, UNS, UI, Unsoed. Serta lebih dari 10 Universitas lainnya pada program Pasca Sarjana S2 dan S3.

Kini perjalanan karier Mahfud masuk ke ranah yang lebih tinggi menjadi Menkopolhukam dan ditunjuk sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *