Kunjungi Pasar Tanah Abang, Menteri Perdagangan: Senyum Pedagang Mulai Kembali

Menteri Perdagangan

DasFacto – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali melakukan kunjungan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Dimana menurut Menteri Perdagangan Zulhas, Pasar Tanah Abang semakin ramai dengan kedatangan pembeli, yang menggembirakan pedagang.

Ditambah, lanjutnya, melalui kebijakan Kemendag memiliki dampak positif yang signifikan bagi pedagang fisik seperti di Tanah Abang.

Baca Juga: Israel Goyah: Gagal Intelijen sampai Hancurnya Pengaruh Politik

“Selain laris, yang berbelanja sudah mulai ramai. Pembeli memang belum pulih seperti dulu, tetapi
wajah penjual sudah mulai tersenyum. Kalau ditanya apakah sudah ada yang belanja, sebagian
besar bilang sudah,” ujar Mendag Zulhas.

Lebih lanjut dirinya mengakui bahwa meski pembeli belum mencapai tingkat seperti sebelumnya, namun para penjual sudah mulai tersenyum. Banyak dari mereka mengatakan bahwa sudah ada pembeli yang datang.

Mendag Zulhas menegaskan bahwa Peraturan Mendag Nomor 31 tahun 2023 mulai menunjukkan dampak positifnya. Perdagangan online dan offline berkembang secara seimbang, dan diharapkan persaingan perdagangan dapat berjalan dengan sehat dan adil.

Baca Juga: Novel Baswedan: Banyak yang Jadi Korban Pemerasan Oknum KPK

“Itulah gunanya sesuatu itu ditata dan diatur agar semua bisa berkembang dengan baik. Beberapa
hari yang lalu di Semarang, Jawa Tengah, sudah mulai ada geliat perdagangan sehingga pedagang
sudah mulai tersenyum,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, penting untuk mengatur dan mengelola segala sesuatu agar perkembangannya berlangsung dengan baik.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa beberapa hari sebelumnya, di Semarang, Jawa Tengah, telah terlihat tanda-tanda pemulihan perdagangan, yang membuat pedagang kembali tersenyum.

Menteri Perdagangan Apresiasi Platform Digital

Berbicara mengenai positive list, lanjutnya, pihaknya saat ini sedang berdiskusi dengan kementerian dan lembaga lainnya.

“Positive list masih dibahas antar- kementerian/lembaga terkait dan diharapkan dapat segera diselesaikan. Produk yang masuk positive list jumlahnya tidak banyak. Artinya, selain produk tersebut dipersilahkan menggunakan jalur impor biasa,” jelas Mendag Zulhas.

Tak sampai disitu, Zulhas juga memberikan apresiasi kepada platform digital atau lokapasar yang tidak lagi mengimpor produk di luar kawasan pabean.

Sebab hal ini menjadi peluang bagi pelaku industri dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal untuk memanfaatkan platform digital.

Baca Juga: Rambut Rontok? Penyebab Dan Cara Mengatasinya

“Oleh karena itu, saya mendorong pelaku usaha luring untuk memanfaatkan platform digital dengan baik dan bersaing secara efektif,” tegasnya.

“Tak hanya itu, platform digital juga akan memberikan pelatihan, misalnya mengenai cara pengemasan produk. Dengan demikian, baik para pelaku usaha fisik maupun digital diharapkan dapat saling menguntungkan,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *