MK Tolak Gugatan Batas Usia Capres – Cawapres Minimal 35 Tahun

Mahkamah Konstitusi

DasFacto – Uji materiil batas usia minimum calon presiden dan calon wakil presiden sudah diketuk palu Hakim Mahkamah Konstitusi dengan resmi menolak.

Putusan perkara uji materiil batas usia minimum yang tercatat dengan Nomor 29/PUU-XXI/2023 tersebut dibacakan Ketua MK, Anwar Usman. Diruang Sidang Utama Gedung MK, Jakarta, Senin (14/10/2023).

“Mengadili, menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya,” kata Anwar Usman saat membacakan amar putusan.

Baca Juga: Awal Perseteruan Kelompok Hamas dan Fatah

Alasan perkara tersebut ditolak. Dijelaskan Hakim Konstitusi Saldi Isra, pokok permohonan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diwakili Dedek Prayudi, dinyatakan tidak beralasan menurut hukum.

Sebabnya, Mahkamah menilai dalil permohonan para pemohon bukan isu konstitusional karena tidak melanggar hak masyarakat untuk dipilih dalam pemilu.

Baca Juga: Novel Baswedan: Banyak yang Jadi Korban Pemerasan Oknum KPK

“Menimbang, bahwa pokok permohonan Pemohon sesuai norma Pasal 169 huruf (q) UU Nomor 7 Tahun 2017. Menyatakan sepanjang tidak dimaknai sekurang-kurangnya 35 tahun ternyata tidak melanggar hak atas kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan,” ujarnya.

Berdasarkan dalil hukum yang termuat dalam Pasal 27 Ayat 1 serta Pasal 28D Ayat 1 dan 3 UUD 1945. Dengan begitu syarat usia minimum capres-cawapres yang diatur. dalam Pasal 169 huruf (q) UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu konstitusional tetap 40 tahun.

Baca Juga: Perang Israel dan Hamas, Bagaimana Sikap Otoritas Palestina?

“Dengan demikian dalil para pemohon tidak beralasan menurut hukum seluruhnya,” tutur Hakim Konstitusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *