21 Warga Thailand Tewas Akibat Perang Israel – Hamas

Jalur Gaza

DasFacto – Sebanyak 21 warga negara Thailand telah kehilangan nyawa mereka dalam konflik antara Israel dan kelompok militan Hamas.

Menurut konfirmasi yang diberikan oleh Perdana Menteri Thailand, Srettha Thavisin. Ini adalah peningkatan dari laporan sebelumnya dan membuat total korban dari Thailand menjadi 21 orang.

Kekhawatiran semakin meningkat karena diduga masih ada 14 warga Thailand lainnya yang menjadi sandera militan Hamas, meskipun informasi ini belum dikonfirmasi secara resmi.

Pada tanggal 12 Oktober, beberapa warga Thailand yang dipekerjakan di Israel telah dipulangkan melalui pesawat komersial.

Baca Juga: Menkeu AS Sebut Perang Israel – Palestina Tak Berdampak Global

Beberapa di antaranya adalah pekerja pertanian yang datang dari wilayah miskin di timur laut Thailand dan telah bekerja di Israel untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Para keluarga yang menanti kepulangan mereka mengalami kecemasan yang mendalam, seperti yang diungkapkan Yanisa Thaweekawe, seorang ibu yang merindukan putranya, Supipat Kongkaew, yang bekerja di perkebunan alpukat Israel.

Sebanyak 5.000 warga Thailand saat ini berusaha untuk kembali ke negara mereka. Para diplomat Thailand di Tel Aviv sedang mempertimbangkan berbagai opsi evakuasi melalui laut dan darat.

Berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan Thailand, diperkirakan ada sekitar 30.000 warga Thailand di Israel, sebagian besar bekerja di sektor pertanian.

Israel secara resmi menyatakan perang dengan Palestina setelah kelompok militan Hamas melancarkan serangan roket pada Sabtu (7/10).

Pernyataan perang oleh Israel disetujui oleh kabinet hanya beberapa jam setelah serangan Hamas.

Baca Juga: Indonesia – Israel Akrab Soal Berdagang, Palestina Bagaimana?

Hingga Rabu (11/10) malam, jumlah korban tewas akibat konflik antara Israel dan Hamas Palestina telah mencapai 2.327 orang.

Menurut data Kementerian Kesehatan Palestina, setidaknya 1.100 orang telah tewas dan 5.339 orang lainnya terluka di Jalur Gaza.

Di Tepi Barat Palestina, 27 orang telah meninggal dan 150 lainnya terluka akibat serangan Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *