Rem ABS Kurang Maksimal? Berikut Tips Merawatnya

Rem ABS

DasFacto – Berbagai sepeda motor terbaru saat ini telah dilengkapi dengan teknologi canggih bernama Rem ABS atau Anti-lock Braking System (ABS).

Sistem Rem ABS ini berperan penting dalam mencegah terjadinya penguncian roda saat rem ditekan secara tiba-tiba, yang dapat mengakibatkan tergelincir atau jatuhnya motor.

Beberapa sepeda motor yang mengggunakannya adalah All New Yamaha NMAX 155 Connected ABS, Honda Vario 160 ABS, dan Honda PCX 160 ABS.

Baca Juga: Lebih Baik Bekerja di BUMN atau Menjadi PNS? Yuk Simak!

Meskipun merupakan teknologi yang mutakhir, fitur Rem ABS juga memerlukan perawatan berkala agar tetap berfungsi secara optimal.

Jadi, bagi pemilik sepeda motor yang telah dilengkapi dengan ABS dan ingin tahu bagaimana merawatnya dengan benar, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Cek Kondisi Kanvas Rem

Baca Juga: Mercedes Pede GP Singapura, Red Bull & Aston Martin: Realistis

Sama seperti rem cakram konvensional, rem ABS juga menggunakan kanvas rem untuk mengapit piringan cakram saat tuas rem ditekan.

Jika kanvas rem sudah menipis, daya cengkeramnya akan berkurang, dan rem tidak akan berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa dan membersihkan kanvas rem. Jika kanvas rem sudah tipis atau aus, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Baca Juga: 3 Strategi Pemasaran Masa kini, para pelaku UMKM Wajib Tahu!

Periksa Kondisi Minyak Rem

Selain kanvas rem, perlu juga memeriksa kondisi minyak rem agar tetap berada dalam batas standar yang ditentukan.

Minyak rem sebaiknya diperiksa atau diganti setiap 20 ribu kilometer atau sesuai dengan panduan penggunaan sepeda motor, biasanya satu atau dua tahun sekali.

Rutin Bersihkan Kaliper Rem

Komponen-komponen rem cakram seperti kaliper rem dan piringan cakram jarang mengalami kerusakan dalam penggunaan normal.

Namun, tetaplah menjaga kebersihan dan merawat komponen ini. Membersihkan debu, minyak, dan kotoran secara berkala dapat menjaga performa fitur ABS agar tetap optimal.

Perhatikan Indikator ABS di Panel Instrumen

Beberapa sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan ABS memiliki lampu indikator ABS di panel instrumen atau speedometer, seperti All New Yamaha NMAX 155 Connected ABS, Honda Vario 160 ABS, dan Honda PCX 160 ABS.

Jika lampu indikator ini menyala saat sedang berkendara, itu menunjukkan adanya masalah atau gangguan pada sistem ABS.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera bawa sepeda motor ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut.

Dengan merawat sistem ABS sepeda motor Anda sesuai dengan panduan di atas, Anda dapat memastikan bahwa fitur ini tetap bekerja dengan baik, meningkatkan keselamatan berkendara dan kinerja rem Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *