Masa Depan TikTok Makin Suram Pasca Dilarang

TikTok Shop

DasFacto – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan baru-baru ini mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembunaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam peraturan ini, terdapat larangan bagi social commerce atau media sosial yang juga berfungsi sebagai platform transaksi jual beli online, seperti TikTok Shop, untuk beroperasi tanpa izin yang baru.

Mendag memberikan tenggat waktu selama satu pekan sejak aturan ini diumumkan pada tanggal 26 September 2023.

Baca Juga: Indonesia Kalah Lawan Uzbekistan, Ini Kata Indra Sjafri

Masa Depan TikTok Shop

Namun, apa yang akan terjadi jika TikTok Shop tetap berjualan di platform TikTok setelah tanggal 3 Oktober 2023?

Zulkifli Hasan menyatakan pemerintah akan mengirimkan surat kepada TikTok Shop untuk mengambil langkah selanjutnya jika mereka tetap mengabaikan peringatan ini.

“Ya tentu kita kirim surat dan nanti untuk diproses,” katanya di Pasar Asemka, Jakarta Barat, pada tanggal 29 September 2023.

Baca Juga: TikTok Dilarang oleh Banyak Negara, Mayoritas Negara Maju!

Menteri ini meyakini bahwa perusahaan tersebut akan patuh terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah dalam Permendag 31 tahun 2023.

Dia menegaskan bahwa pemerintah tidak melarang TikTok Shop, tetapi mereka tidak diizinkan untuk melakukan aktivitas penjualan dalam satu platform bersama.

“Saya percaya semua akan patuh terhadap aturan,” ujarnya kepada awak media.

Pasal 50 ayat 2 Permendag 31 tahun 2023 mengatur langkah sanksi yang akan diberikan kepada pelaku perdagangan elektronik yang melanggar ketentuan pemerintah, antara lain:

  1. Peringatan tertulis.
  2. Dimasukkan dalam daftar prioritas pengawasan.
  3. Dimasukkan dalam daftar hitam.
  4. Pemblokiran sementara layanan PPMSE dalam negeri dan/atau PPMSE luar negeri oleh instansi terkait yang berwenang.
  5. Pencabutan izin usaha.

TikTok merupakan anak usaha dari ByteDance. Perusahaan global dari China ini populer di Indonesia maupun dunia pada 2020 dan terus berkembang pesat hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *