Jenis Ikan yang Tinggi Kolesterol dan Bahaya untuk Jantung

Jenis Ikan

DasFacto – Ikan adalah sumber protein dan nutrisi penting dalam makanan. Namun beberapa jenis ikan dapat memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dan berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit jantung. Jenis ikan ini umumnya tinggi dalam kandungan lemak jenuh dan kolesterol\

Kolesterol dalam makanan seperti ikan dapat berkontribusi pada penumpukan plak di dinding arteri, yang dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengganggu aliran darah. Plak ini yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Untuk itu, berhati-hatilah saat mengonsumsi ikan.

Cara memasak ikan juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Hindari menggoreng ikan dalam minyak yang berlebihan atau menggunakan saus yang tinggi lemak dan kolesterol. Lebih baik pilih metode memasak yang lebih sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus. Berikut jenis ikan yang tinggi kolesterol: Melansir dari Fimela.

Jenis Ikan yang Tinggi Kolesterol

1. kan Salmon King (King Salmon)

Ikan salmon king mengandung kolesterol yang cukup tinggi, terutama jika disiapkan dengan cara yang mengandung banyak lemak tambahan seperti mentega. Menurut USDA, 3 ons (85 gram) ikan salmon king panggang memiliki sekitar 23 mg kolesterol.

2. Ikan Teri (Anchovies)

Ikan teri adalah ikan kecil yang umumnya tinggi dalam kandungan lemak dan kolesterol. Satu ons (28 gram) ikan teri mengandung sekitar 37 mg kolesterol.

3. Ikan Makarel King (King Mackerel)

Ikan makarel king adalah salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi. Menurut USDA, 3 ons (85 gram) ikan makarel king panggang memiliki sekitar 95 mg kolesterol.

4. Ikan Haring (Herring)

Ikan haring adalah sumber nutrisi yang baik, tetapi juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Satu ons (28 gram) ikan haring mengandung sekitar 20 mg kolesterol.

5. Ikan Sarden (Sardines)

Ikan sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, tetapi mereka juga mengandung kolesterol. Satu ons (28 gram) ikan sarden mengandung sekitar 45 mg kolesterol.

6. Ikan Talapia (Tilapia)

Ikan talapia adalah salah satu jenis ikan air tawar yang umum dikonsumsi. Meskipun rendah lemak, ikan ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Menurut USDA, 3 ons (85 gram) ikan talapia panggang memiliki sekitar 50 mg kolesterol.

Itulah tadi beberapa jenis ikan yang memicu tingginya kadar kolesterol dalam darah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *