Anies Baswedan Soal TikTok Shop: Kendalikan Barang Impor

Anies Baswedan

DasFacto – Anies Baswedan, yang dianggap sebagai bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, menyampaikan pandangan berbeda terkait penutupan fitur TikTok Shop di platform sosial media TikTok.

Anies Baswedan berpendapat bahwa akar masalah sebenarnya bukan hanya tentang fitur TikTok Shop, tetapi lebih pada produk impor yang dijual melalui platform media sosial tersebut.

Dia menekankan bahwa aspek penting adalah bagaimana produk dalam negeri dapat bersaing di pasar domestik.

Baca Juga: Masa Depan TikTok Makin Suram Pasca Dilarang

Anies Baswedan: Barang Impor Merajalela

Jika produk lokal dalam negeri mendominasi penjualan di TikTok Shop, maka keuntungan akan mengalir kepada pedagang lokal.

Anies menyatakan bahwa ketika kesempatan diberikan kepada produk dalam negeri, platform apa pun yang digunakan menjadi tidak masalah.

Fokusnya seharusnya pada pengendalian produk impor yang dijual di TikTok Shop agar tidak merugikan pedagang lokal.

“Saya melihat penting sekali bagi kita untuk mengendalikan, menghentikan praktek impor ilegal yang sering terjadi. Ini adalah langkah-langkah yang harus kita ambil untuk mengatur perusahaan ini,” ujarnya.

Baca Juga: 7 Kepribadian Orang-orang yang Terlahir di Bulan Oktober!

Sebelumnya, pemerintah Indonesia secara resmi melarang TikTok Shop berdagang, langkah ini diambil setelah terbitnya Permendag Nomor 31 Tahun 2023.

Peraturan tersebut mengenai ketentuan perizinan usaha, periklanan, pembinaan, dan pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE).

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan tersebut, social-commerce seperti TikTok Shop hanya diizinkan untuk melakukan promosi.

Dalam peraturan ini, terdapat larangan bagi social commerce atau media sosial yang juga berfungsi sebagai platform transaksi jual beli online, seperti TikTok Shop, untuk beroperasi tanpa izin yang baru.

Mendag memberikan tenggat waktu selama satu pekan sejak aturan ini diumumkan pada tanggal 26 September 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *