NATO Ingin Ekspansi ke Asia, Apa Alasannya?

NATO

DasFacto – NATO sedang mempertimbangkan ekspansi ke wilayah Asia, sebuah tindakan yang terjadi dalam konteks ketegangan antara negara-negara Barat dan Rusia terkait perang di Ukraina.

Ekspansi ini diarahkan untuk memperkuat pengaruh NATO di Asia dan menghadapi beberapa kekuatan regional yang memiliki pandangan berbeda terhadap kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS). Negara-negara seperti Rusia, Korea Utara, dan China dilihat sebagai pesaing utama AS di kawasan ini.

Jenderal Viktor Sobolev, mengindikasikan bahwa dalam jangka menengah, NATO mungkin akan mencakup Jepang dan Korea Selatan dalam aliansi mereka.

Baca Juga: Pinjol AdaKami Kontroversial, Dari Teror sampai Bunga Tinggi

Meskipun ini tidak akan terjadi dalam dua hingga tiga tahun mendatang, kemungkinan ini mungkin menjadi kenyataan dalam lima tahun. Hal ini dianggap sebagai ancaman serius oleh Sobolev.

Komentar Sobolev ini datang setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Menlu mengklaim bahwa NATO sedang mencoba menempatkan pasukan dan infrastruktur militer mereka di wilayah Asia-Pasifik dengan tujuan menghambat kekuatan-kekuatan regional.

Pada bulan Agustus, Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengemukakan bahwa NATO mungkin akan bergabung dengan AUKUS.

AUKUS adalah sebuah pakta keamanan regional yang pertama kali diumumkan oleh Australia, Inggris, dan AS pada tahun 2021. Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Australia berencana untuk membeli kapal selam bertenaga nuklir pertamanya.

Baca Juga: Giant Sea Wall, Sang Penyelamat Jakarta dari Tenggelam

NATO juga memiliki rencana untuk membuka kantor perwakilan di Jepang, sebagaimana diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi.

Hal ini muncul seiring dengan meningkatnya kekhawatiran keamanan regional akibat serangan Rusia terhadap Ukraina tahun lalu, yang berdampak jauh melampaui wilayah Eropa. Semua ini menunjukkan bahwa situasi geopolitik di Asia sedang mengalami perubahan dan meningkatnya ketegangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *