Pendaftaran CPNS Terkendala? Ini Sebabnya

CPNS

DasFacto – Hingga saat ini, belum memungkinkan untuk membuat akun pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ata pendaftaran CPNS di situs web sscasn.bkn.go.id.

Meskipun pemerintah telah mengumumkan bahwa pendaftaran CPNS/CASN 2023 akan dibuka pada tanggal 20 September 2023.

Surat Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: 8871/B-KS.04.01/SD/K/2023 tertanggal 16 September 2023 menyebutkan bahwa proses pendaftaran seleksi berlangsung hingga 9 Oktober 2023.

Baca Juga: Bawaslu Nyatakan Video Kepala Daerah Ajak Pilih Ganjar Langgar UU Pemilu

Pendaftaran seleksi juga akan dilakukan seiring dimulai pada tanggal 20 September hingga 12 Oktober 2023.

Namun, ketika mencoba mendaftar atau membuat akun di situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun, terlihat pesan dengan huruf merah yang menyatakan bahwa “Pendaftaran SSCASN 2023 Belum Dibuka”.

“Pendaftaran belum dibuka sampai siang ini ya #SobatBKN,” tertulis dalam akun X BKN, per hari ini pukul 14.12 WIB.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memberikan penjelasan melalui akun resmi mereka @BKNgoid, bahwa pendaftaran belum dibuka hingga siang hari ini.

Baca Juga: Hadapi Produk Asing, MenkopUKM Ajak Influencer Promosikan Produk Lokal

Kondisi ini terjadi karena beberapa instansi belum menyelesaikan pengiriman rincian formasi yang diperlukan untuk CASN 2023.

Hingga saat ini, hanya sekitar 91,80% formasi yang telah selesai divalidasi oleh BKN. Mereka terus bekerja agar sebelum pendaftaran dibuka, semua rincian formasi dapat disampaikan kepada calon pelamar.

Ini merupakan situasi yang sedang berkembang, dan BKN menyarankan agar calon pelamar memantau perkembangan terkini sebelum memutuskan formasi mana yang akan mereka lamar.

Secara total, terdapat 572.496 formasi yang tersedia untuk CASN tahun ini, termasuk formasi CPNS dan PPPK di instansi pemerintah pusat maupun daerah.

Meskipun begitu, hingga saat ini, sejumlah instansi pemerintahan telah mengumumkan kebutuhan formasi CASN untuk tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *