Modal Rp1 Juta Ingin Buka Bisnis? Tentu Saja Bisa, Yuk Simak

Modal

DasFacto – Modal Pas-Pasan tapi ingin membangun sebuah bisnis, siapa disini yang sedang melakukan hal tersebut ? Apalagi di usia muda.

Terkadang memulai usaha sendiri seringkali menimbulkan keraguan, terutama jika modal yang tersedia terbatas.

Namun, percaya tidak sih ternyata ada berbagai jenis bisnis dengan berbagai tingkat kebutuhan modal yang berbeda.

Baca Juga: Hydrating Toner Wajib Coba Girls

Para pemula dalam dunia bisnis dapat mencari peluang yang sesuai dengan keterbatasan uang yang mereka miliki.

Tips Bangun usaha warung Sembako Hanya dengan Modal Rp1 Juta

Sebagai contoh, salah satu vlogger di platform YouTube, Rilla Migrawati, berbagi pengalamannya dalam merintis usaha warung sembako di depan rumahnya dengan uang awal hanya sekitar Rp1 juta. Dia kemudian mengembangkan usahanya secara perlahan.

Dalam salah satu video di kanal YouTube-nya, dia memberikan tips tentang bagaimana membuka warung sembako dengan modal terbatas.

“Misalnya, jika Anda ingin memulai usaha dengan uang yang terbatas tetapi ingin segera memiliki usaha sendiri,” ucapnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat?

Dirinya menyarankan langkah pertama adalah membuat daftar perlengkapan yang dibutuhkan untuk warung, seperti etalase, kalkulator, meja, kursi kasir, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar perlengkapan yang diperlukan untuk warung.

“Kemudian, Anda dapat menggunakan sebagian dari modal Anda untuk membeli perlengkapan tersebut.”

Namun, jika uang yang tersedia sangat terbatas, dia merekomendasikan untuk fokus terlebih dahulu pada pembelian etalase.

Tujuannya adalah agar barang dagangan dapat ditampilkan dengan rapi dan menarik minat pembeli.

“Tetapi jika modal Anda sangat terbatas seperti yang saya alami dulu, saya hanya fokus pada pembelian etalase terlebih dahulu,” tambahnya.

Manfaatkan Sisa Modal

Selanjutnya, sisa modal yang minim dapat digunakan untuk membeli barang dagangan. Namun, sebelum Anda berbelanja, sangat penting untuk membuat daftar rincian barang yang akan dibeli.

Hal ini penting agar Anda dapat membeli barang dagangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sekitar warung Anda dan sesuai dengan anggaran uang yang Anda miliki.

Admin juga menjelaskan bahwa warung sembako yang akan didirikan setidaknya harus menyediakan 9 jenis bahan pokok.

“Karena ini akan menjadi warung sembako, setidaknya Anda harus memenuhi atau menyediakan 9 jenis bahan pokok,” jelasnya.

Baca Juga: Memilih Serum Penghilang Bekas Jerawat yang Tepat?

“Sebagian besar uang yang diawal akan digunakan untuk membeli barang dagangan sembako,” tambahnya.

Besaran uang diawal dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing individu. Namun, admin kanal YouTube ini berbagi rincian modal awalnya, yaitu sekitar Rp1 jutaan.

Uang ini digunakan untuk membeli beras, gula pasir, minyak goreng, telur, dan mie instan.

Meskipun jumlah barang yang dibeli masih terbatas, namun semua barang tersebut merupakan kebutuhan pokok sehingga memiliki potensi untuk cepat terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *