Knalpot Sepeda Motor Suka Meledak-Ledak? Coba Cek Hal Ini!

Knalpot sepeda motor

DasFacto – Knalpot sepeda motor yang mengeluarkan suara letupan sering menjadi masalah yang dihadapi oleh pemilik sepeda motor.

Fenomena knalpot sepeda motor yang berbunyi seperti letupan ini biasanya terjadi ketika sepeda motor dinyalakan atau ketika gas dilepaskan.

Fenomena motor yang mengeluarkan suara letupan saat dinyalakan dengan menggunakan kick starter juga baru-baru ini menjadi viral di media sosial dan mendapat berbagai komentar dari netizen.

Baca Juga: Tes Kepribadian Lagi Yuk! Kamu Sering Bawa Tas Dengan Cara Apa

Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Oleh karena itu, pemilik sepeda motor perlu mengetahui penyebab-penyebab dari fenomena knalpot motor yang berbunyi seperti letupan ini agar dapat mengatasi masalah tersebut.

Adapun beberapa penyebab dari knalpot motor yang mengeluarkan suara letupan adalah sebagai berikut:

Penyebab knalpot sepeda motor meletup

1. Settingan Karburator yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab umum dari knalpot motor yang mengeluarkan suara letupan adalah settingan karburator yang tidak tepat.

Jika settingan karburator menghasilkan campuran bahan bakar yang terlalu kaya, hal ini dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, sehingga mengakibatkan letupan saat gas dilepaskan.

Baca Juga: Uji Coba KCJB Mulai Jumat Besok, Mau Coba?

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan penyetelan ulang pada karburator agar menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang sesuai.

2. Knalpot Sepeda Motor Tersumbat

Penyebab lain dari knalpot motor yang mengeluarkan suara letupan adalah adanya penyumbatan pada knalpot motor.

Sumbatan ini bisa terjadi karena adanya kotoran dan kerak yang menumpuk di dalam knalpot motor sehingga menghambat aliran gas buang.

Akibatnya, tekanan yang berlebihan terbentuk dan menyebabkan letupan.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik kendaraan dapat membersihkan knalpot secara berkala atau mengganti sistem pembuangan yang sudah terlalu banyak mengalami penyumbatan.

3. Pengapian yang Tidak Tepat

Pengapian yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab knalpot motor mengeluarkan suara letupan.

Tak hanya itu pembuangan yang terlalu maju atau terlalu mundur dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna.

Baca Juga: MotoGP Mandalika: Penjualan Tiket Baru 15 persen

Sehingga letupan terjadi saat gas dilepaskan. Solusinya adalah dengan melakukan penyetelan ulang pada sistem pengapian motor atau memeriksa komponen pengapian yang mungkin mengalami kerusakan.

4. Kebocoran pada Knalpot Sepeda Motor

Penyebab lain yang sering kali membuat knalpot motor mengeluarkan suara letupan adalah adanya kebocoran pada knalpot motor.

Untuk memeriksa apakah knalpot motor mengalami kebocoran, dapat dilakukan dengan mendengarkan suara motor.

Jika suara lebih bising dari biasanya, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa knalpot mengalami kebocoran. Solusinya adalah dengan melakukan perbaikan atau penggantian knalpot yang bocor.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut, pemilik kendaraan dapat lebih mudah mengidentifikasi dan mengatasi masalah kendaraan yang mengeluarkan suara letupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *