Urutan Makeup Sehari – Hari

Urutan Makeup S

Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat. Berikut urutan makeup yang harus kamu tau: Melansir dari Fimela.

1. Membersihkan wajah

Sebelum mulai merias wajah, kamu harus memastikan kalau wajahmu bersih. Ketika ingin melukis, seorang pelukis pastinya melukis di atas kanvas yang bersih, kan? Begitu juga ketika kamu merias wajahmu sendiri.

Sebelum mulai makeup, bersihkan wajahmu terlebih dahulu. Membersihkan wajah selain memberikan kemudahan untukmu ketika merias juga bisa mencegah timbulnya jerawat akibat tersumbatnya pori-pori wajah karena kotoran di wajah yang tidak kamu bersihkan.

2. Menggunakan skincare

Kalau menggunakan makeup kamu tetap tidak boleh melewati penggunaan skincare ya, Sahabat Fimela. Apalagi penggunaan sunscreen jika kamu makeup di siang hari.

Skincare yang kamu gunakan bisa jadi primer atau alas sebelum makeup menyentuh wajahmu. Selain itu, skincare bisa membuat makeup jadi lebih mudah diaplikasikan.

3. Gunakan concealer atau corrector

Gunakan concealer dan corrector pada bagian-bagian yang hendak ditutupi, misalnya bagian bawah mata yang terlihat lebih gelap. Gunakan corrector berwarna orange terlebih dahulu untuk menutupi kantung mata, baru kemudian gunakan concealer yang berwarna lebih cerah dari warna kulitmu agar bagian bawah matamu terlihat lebih cerah.

4. Foundation atau alas bedak

Setelah menggunakan concealer dan corrector, langkah selanjutnya adalah menggunakan foundation atau alas bedak. Pastikan kamu memilih foundation atau alas bedak dengan warna yang sesuai dengan kulit wajahmu ya, Sahabat Fimela.

Aplikasikan foundation atau alas bedak secara merata di seluruh wajahmu. Mulai dengan takaran yang tipis terlebih dahulu lalu ratakan. Kalau kamu merasa masih kurang, kamu bisa menambahkannya sedikit demi sedikit.

5. Bedak

Selanjutnya adalah menggunakan bedak. Sebenarnya tahap ini cukup optional, apalagi untuk wajah dengan kulit yang kering. Bedak akan membuat kulit jadi terlihat matte dan kering. Pada kulit wajah yang kering penggunaan bedak justru akan menonjolkan tekstur wajah yang kering dan bisa merusak penampakan makeup.

Lain lagi bagi kulit berminyak. Penggunaan bedak sangat diharuskan dan tidak boleh terlewati. Bedak akan menahan minyak yang ada di wajah dan membuat makeupmu tahan lama. Pastikan kamu juga menggunakan bedak yang mampu mengontrol minyak ya, Sahabat Fimela.

6. Blush on

Blush on atau perona pipi adalah tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan. Tahap ini sebenarnya cukup mudah karena tinggal menyapukan blush on ke area tulang pipi.

Warna blush on yang kamu gunakan menyesuaikan dengan warna makeup yang ingin kamu gunakan. Misalnya kamu ingin makeupmu hari itu adalah peach, maka kamu bisa menggunakan blush on dengan warna peach.

Jangan langsung ambil blush on banyak-banyak ya, Sahabat Fimela. Nanti warna blush on yang muncul di pipimu bisa sangat tebal dan merusak makeupmu. Ambilah sedikit demi sedikit dulu, baru jika dirasa kurang bisa kamu tambahkan.

7. Alis

Langkah selanjutnya adalah menggambar alis. Kalau alismu sudah terbentuk dan rapi, maka langkah ini bisa kamu lewati. Sedangkan kalau alismu belum terbentuk, kamu harus menggambarnya terlebih dahulu.

Gambarlah menyesuaikan garis alis yang sudah ada di wajahmu. Mungkin agak sulit awalnya, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa menggambar alis sesuai dengan bentuk wajahmu.

8. Eyeshadow

Penggunaan eyeshadow sama dengan penggunaan blush on, cukup mudah, tinggal menyapukan di area kelopak mata. Kamu bisa menggunakan satu atau lebih warna. Jika menggunakan lebih dari satu warna, jangan asal tumpuk warna-warna tersebut ya.

Coba gradasikan warna tersebut, kemudian timpa glitter atau warna eyeshadow yang berkilau di atasnya. Hal ini akan membuat matamu terlihat berdimensi.

9. Eyeliner dan maskara

Penggunaan maskara cukup mudah, kamu tinggal aplikasikan sesuai dengan bulu matamu. Namun penggunaan eyeliner inilah yang perlu latihan berkali-kali sampai hasilnya cukup memuaskan.

Tidak ada trik khusus dalam penggunaan eyeliner, kamu hanya perlu latihan terus sampai tanganmu mahir dalam menggunakan eyeliner. Kalau kamu kesulitan menggunakan eyeliner spidol, kamu bisa coba menggunakan eyeliner pensil yang lebih mudah dan tidak berantakan.

10. Lipstik

Tahap terakhir adalah menggunakan lipstik. Dalam menggunakan lipstik, pilihlah lipstik yang sesuai ya. Kalau warna eyeshadowmu cukup berwarna warni, maka kamu bisa gunakan warna lipstik nude atau warna pucat. Begitu juga sebaliknya, kalau warna eyeshadowmu tidak bergitu menyala, kamu bisa gunakan warna lipstik yang bold.

Itulah tahapan dalam menggunakan full makeup. Sebenarnya tahapan ini tidak perlu kamu lakukan secara urut. Misalnya kamu ingin menggambar alis terlebih dahulu sebelum menggunakan alas bedak. Hasil makeupnya di awal-awal mungkin tidak seperti yang kamu inginkan, namun kamu harus terus berlatih agar tanganmu semakin mahir dan hasilnya semakin sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *