HRC Kolaborasi Honda F1 dan MotoGP, Atasi Tantangan 2023

Honda; F1; MotoGP

DasFacto – Kabar menarik datang dari Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Koji (Yasuharu) Watanabe, yang dikabarkan akan menjalin kerja sama dengan tim Honda di ajang Formula 1 (F1).

Langkah ini diambil sebagai upaya strategis guna menemukan solusi bagi permasalahan yang tengah dihadapi oleh tim MotoGP 2023, terutama Marc Marquez cs.

Watanabe melihat kemajuan yang signifikan pada tim balap F1 Honda. Pandangan ini membuka peluang untuk merangkul kolaborasi antara divisi balap Honda F1 dan MotoGP.

Persaingan MotoGP Makin Ketat

Namun demikian, Watanabe juga tidak melewatkan fakta bahwa pesaing-pesaing Honda di ajang MotoGP semakin meningkatkan kualitas performa mereka.

Hal ini telah mengakibatkan persaingan di MotoGP semakin ketat, dengan tekanan terhadap kinerja Honda yang semakin terasa.

Pria berusia 59 tahun ini menegaskan bahwa Honda tidak memiliki niat untuk mengurungkan langkahnya dari ajang MotoGP.

Alih-alih mundur, Watanabe memiliki pandangan yang kuat, yaitu mengkolaborasikan para insinyur handal Honda di dunia F1 dengan para insinyur di tim MotoGP.

“Contohnya, perkembangan kendaraan roda empat telah mengalami perubahan yang signifikan. Kami memiliki akses kepada sejumlah data dan simulasi komprehensif dalam tahap pembuatan mesin.” Watanabe menjelaskan, mengutip dari Crash, Rabu (16/8/2023).

“Saat ini sedang kami ubah. Dengan menggandeng bidang mobil, saya meyakini bahwa kita dapat menyatukan aliran pengembangan antara mobil dan sepeda motor,” tambahnya.

Berbanding Balik dengan F1

Meskipun bukan satu tim di MotoGP, Honda berhasil kembangkan power unit untuk Red Bull Racing dengan luar biasa. Pabrikan Jepang ini bantu Max Verstappen juarai F1 2021 usai rivalitas ketat dengan Mercedes.

Prestasi cemerlang ini muncul setelah Honda mengalami kesulitan dan dianggap rendah, terutama usai kerjasama yang kurang berhasil dengan McLaren 2015-2017.

Honda, sebagai salah satu tim MotoGP yang berpartisipasi dalam musim 2023, tengah menghadapi tantangan berat.

Tidak hanya Marc Marquez, namun juga Joan Mir yang mengalami kesulitan bersaing pada musim ini. Performa buruk ini juga tercermin pada klasemen pembalap, di mana mereka berada dalam posisi yang kurang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *