Mick Schumacher Berpeluang Kembali ke F1 Lewat Williams

Mick Schumacher

DasFacto – Mick Schumacher bukanlah seorang pembalap biasa yang hanya mengandalkan nama besar ayahnya, Michael Schumacher, yang meraih 7 gelar F1.

Di sisi lain, Mick telah mengukir prestasi sebagai juara F3 pada tahun 2018 dan juara F2 pada tahun 2020. Ia naik kelas ke F1 melalui tim Haas pada tahun 2021 dan 2022.

Namun, musim 2023 membawa kabar kurang menyenangkan karena Mick harus mengambil waktu istirahat.

Mick Kandidat Berpeluang Ganti Sargeant di Williams

Kabar baiknya, para penggemar keluarga Schumacher dapat merasa lega karena Mick telah dipilih oleh tim Williams sebagai pengganti Logan Sargeant (AS) untuk musim 2024.

Walaupun berita ini telah lama beredar, jurnalis senior F1 Lawrence Baretto di situs resmi F1 memastikan Mick sebagai kandidat utama pengganti Sargeant di tim Williams.

“Alex Albon telah dipastikan akan bertahan di Williams pada musim depan. Paruh kedua kompetisi F1 tahun ini menjadi ujian berat bagi Sargeant, tidak hanya dalam balapan tetapi juga saat kualifikasi. Jika ia tidak bisa konsisten dalam menandingi Albon, maka posisinya akan sangat rentan. Dia menyadari hal itu,” tulis Baretto, dilansir dari GPFans.

Jalan Kembali Mick Dipermudah oleh Mercedes

Toto Wolff, Team Principal Mercedes, kemudian mengundang Mick menjadi pembalap ketiga di Mercedes.

Ditambah debutnya di atas W14 saat tes resmi ban Pirelli, menambah nilai positif di mata Wolff, Hamilton, dan Russell.

Namun, Team Principal Williams sekarang digantikan oleh James Vowles yang sebelumnya menjadi salah satu direktur bantu Wolff di Mercedes.

“Baik Wolff maupun Vowles sudah lama mengenal Mick dan yakin dengan bakat yang dimilikinya,” ujar Baretto.

Wolff juga tidak bisa melupakan peran yang dimainkan oleh Michael Schumacher dalam membangun tim Mercedes.

Bagi Mick, Wolff mengatakan bahwa gelar juara dunia F3 dan F2 sudah membuktikan kemampuannya di lintasan.

“Sayangnya, sepertinya ia tak mendapat tempat di grid,” ujar Wolff saat Mick ditolak oleh Williams dan AlphaTauri untuk musim 2023.

Saat itu, Capito lebih memilih Sargeant dengan harapan mendapatkan keuntungan komersial di Amerika Serikat, negara asal Sargeant.

Mick Pernah Ditolak AlphaTauri

Sayangnya, Mick gagal masuk F1 tahun 2023 meski hampir ke Williams dan hampir ke AlphaTauri (untuk Gasly yang ke Alpine).

Di AlphaTauri, Mick ditolak oleh Helmut Marko karena dianggap milik Ferrari, meskipun Franz Tost ingin memiliki pembalap itu.

Konon, perbedaan pandangan ini menjadi salah satu faktor penyebab Tost mengundurkan diri tahun ini.

Dengan campur tangan Wolff dan Fowles, sekarang satu kursi di mobil Williams bermesin Mercedes sudah menanti untuk musim 2024.

Keputusan ini akan diambil dalam beberapa balapan paruh kedua F1 2023, dimulai dari GP Belanda pada 27 Agustus 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *