Ini Dia Perbedaan DNA dan RNA

DasFacto – Ribonucleic Acid atau yang biasa disingkat sebagai RNA adalah polinukleotida yang hanya memiliki satu rantai. Melansir dari Kompas, RNA adalah pembawa kode genetik pada virus menggantikan DNA. Jika RNA juga bisa membawa informasi genetik, lalu apa perbedaannya dengan DNA? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah uraian berikut: 

Lokasi 

DNA ditemukan didalam nukleus atau inti sel dan juga didalam cairan inti sel atau nucleoid, sedangkan RNA ditemukan didalam sitoplasma sel, nukelus, dan ribosom. Dilansir dari Microbe Notes, DNA tidak bisa meninggalkan inti nukleus, sedangkan RNA dapat meninggalkan intinya. 

Bentuk Rantai 

DNA memiliki bentuk double heliks yang terdiri dari dua rantai yang saling berpilin, sedangkan RNA hanya terdiri atas satu rantai atau heliks tunggal. RNA juga memiliki rantai nukleotida yang jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan rantai DNA. 

Komponen Gula 

Tulang punggung gula-fosfat pada DNA disusun oleh 2-deoksiribosa, sedangkan pada RNA disusun dari ribosa. Dilansir dari ThoughtCo, RNA tidak stabil dalam basa karena ribosa lebih reaktif daripada deoksiribosa karena mengandung satu gugus -OH. Hal ini berarti RNA tidak stabil terhadap serangan enzim dan tidak bisa dipertahankan dalam waktu yang lama seperti DNA. 

Basa Nitrogen 

DNA terdiri atas basa nitrogen guanine yang berpasangan dengan sitosin, dan adenine yang berpasangan dengan timin. Adapun RNA terdiri atas basa nitrogen guanine yang berpasangan dengan sitosin, namun berbeda dengan DNA, adenine RNA berpasangan dengan urasil. 

Fungsi 

DNA berfungsi menyimpan dan menurunkan informasi genetik dalam jangka waktu yang panjang. Adapun RNA berfungsi sebagai pembawa dan penerjemah kode genetik untuk pembuatan protein. Dilansir dari Kompas, RNA berfungsi menghambat ekspresi gen untuk menekan pertumbuhan tumor atau kanker. 

Kerusakan Ultraviolet

DNA lebih rentan rusak terhadap sinar ultraviolet dibandingkan dengan RNA yang lebih tahan. 

Perambatan 

DNA dapat membuat dirinya sendiri dengan cara replikasi yang dibantu oleh enzim DNA polimerase, sedangkan RNA tidak bisa mereplikasi dirinya sendiri. RNA disintesis oleh DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase saat dibutuhkan, digunakan, didegradasi, dan didaur ulang karena sifatnya yang tidak stabil terhadap basa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *