Tanaman Palawijaya dan Manfaatnya

DasFacto – Tanaman palawija merupakan tanaman semusim pada lahan kering. Banyak tanaman palawija yang dibudidayakan petani.

Salah satu ciri-ciri tanaman palawija adalah jenisnya sangat banyak dan sebagian besar merupakan tanaman pangan pengganti padi.

Manfaat tanaman palawija adalah menjaga produksi komoditas pangan di musim kemarau dan sumber makanan yang beragam dan bergizi. Melansir dari Kidsgrid.

Apa saja contoh dari tanaman palawija?

Berikut ini merupakan beberapa tanaman palawija dan manfaatnya, di antaranya:

1. Kentang

Salah satu tanaman palawija adalah kentang. Kentang merupakan sumber karbohidrat sebagai penganti padi. Kentang dapat dikonsumsi sebagai sumber energi bagi tubuh.

2. Kacang Hijau

Tak hanya umbi, kacang hijau juga termasuk tanaman palawija, Kids. Kacang hiau juga dapat diolah menjadi sajian yang lezat seperti bubur kacang hijau.

Kandungan mineral dan vitamin pada kacang hijau dimanfaatkan sebagai makanan penambah darah untuk atasi anemia.

3. Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman palawija dan pengganti padi. Jagung bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi jagung sebagai nasi putih dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

4. Singkong

Jenis umbi-umbian yang termasuk dalam tanaman palawija adalah singkong. Singkong dapat dimanfaatkan untuk mencegah sembelit.

Manfaat ini berasal dari kandungan pati resisten yang termasuk serat. Nah, jenis serat ini berguna untuk membantu kelancaran pencernaan sehingga mencegaj sembelit.

5. Wortel

Salah satu tanaman palawija yang memiliki warna mencolok dan mengandung vitamin adalah wortel. Wortel bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata.

Wortel mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Di samping itu juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

One thought on “Tanaman Palawijaya dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *